Jumat, 23 Juni 2023

Merawat Exhaust Fan

 Oleh: Puji Hermawan, S.T.

Exhaust fan merupakan peralatan listrik yang banyak digunakan baik di rumah tinggal, kantor, gudang maupun pabrik. Exshaust fan sangat penting untuk sirkulasi udara. Banyak orang yang lebih suka menggunakan exhaust fan dari pada menggunakan AC terutama di daerah yang lingkungannya masih bersih dan sejuk. Exhaust fan sangat membantu sirkulasi udara. Udara di dalam rumah atau kamar akan dengan mudah mengalir ke luar dan digantikan udara bersih dari luar yang sejuk.


Exhaust fan dapat dibolak balik arah putarannya sesuai keinginan. Bisa menghembuskan udara luar masuk ke dalam ruangan atau sebaliknya membuang udara dari dalam ruangan. Dengan menggunakan exhaust fan selain memberikan kesejukan, kesediaan oksigen dalam ruangan juga akan terpenuhi. hal inilah yang membuat banyak orang lebih suka menggunakan exhaust fan dari pada AC selain konsumsi energi listriknya juga lebih rendah dari pada AC.


Seperti biasa sebuah piranti atau peralatan rumah tangga lainnya exhaust fan juga harus dirawat agar awet. Perawatan exhaust fan meliputi pembersihan debu dan melumasi agar tetap dapat berputar secara maksimal. Exhaust fan memiliki kipas yang mudah kotor karena dilalui udara yang banyak mengandung debu, jika jarang dibersihkan maka kipas akan macet karena banyak debu yang menempel. Selain itu debu yang menempel juga dapat menyebar kembali ke ruangan jika terlalu tebal. Hal ini sangat berbahaya bagi organ pernafasan kita.


Perawatan exhaust fan akan lebih mudah jika dilepas dan dibersihkan debunya di luar ruangan. Pelumasan juga akan lebih sempurna jika exhaust fan dilepas dari rangkanya. Perawatan meliputi pembersihan debu pada semua bagian. Gunakan kuas kering untuk membersihkan debu. Lakukan pelumasan jika diperlukan. Periksa semua kabel jika ada yang perlu diganti segera diganti. Setelah selesai, pasang semua komponen yang telah dilepaskan sesuai dengan keadaan semula. Setelah selesai pemasangan komponen, lalukan pengujian untuk memastikan exhaust fan bekerja secara normal dan aman.

https://youtu.be/31LLCCLJWNY


Setelah selesai semuanya pasang kembali ke tempat semula. Demikian tips perawatan exhaust fan semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar